Senin, 26 Desember 2011

Tidak ada Makan Siang Gratis

Suku Eskimo di kutub utara memiliki cara yang unik tetapi kurang ber-"perikebinatangan" dalam membunuh serigala .

Suku eskimo biasanya menyiapkan pisau yang sangat tajam, merendamnya dalam darah, lalu membuatnya beku. Selanjutnya mereka menguburkan gagang pisau tersebut dengan bagian yang tajam berlumur darah beku menghadap ke atas.

Serigala yang tertarik dengan bau darah, lalu datang mendekati dan mulai menjilat dara di pisau tersebut. Udara dingin membuat lidah serigala kebas, sehingga ia tidak sadar sedang menjilati pisau yang tajam.

Ketika lidahnya sendiri mulai berdarah, serigala menjilat lebih cepat lagi, sehingga darahnya makin banyak keluar, yang akhirnya membuatnya mati kehabisan darah.

###

Dalam dunia keuangan dan investasi dikenal istilah "no free lunch", tidak ada yang gratis. Berhati - hatilah terhadap yang kelihatannya mudah dalam mendapatkan keuntungan. Tidak ada imbal hasil besar tanpa diimbangi risiko dibaliknya.

Demikian juga dalam kehidupan sehari - hari, kita harus berhati - hati terhadap segala sesuatu yang terlihat mudah , instan dan gratis, atau menjanjikan kenikmatan dan kemudahan sejenak.Sangat mungkin tersimpan risiko yang harus diwaspadai di belakangnya.

Percayalah, dalam kebanyakan kasus di kehidupan sehari - hari, kita harus berusaha secara keras dan cerdas, baru berhak mendapatkan apa yang kita inginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar