Selasa, 02 November 2010

Life is Short, Hidup ini Singkat


Berapa usia Anda? Berapapun jawabannya saya yakin belum mencapai 0,15 detik waktu kosmik. Hidup manusia ternyata sangat-sangat singkat. Rata-rata hanya 0,15 detik kosmik. Berapa lama itu? 70 tahun. Ya, 0,15 detik kosmik setara 70 tahun, karena 1 detik kosmik adalah 475 tahun. Apa itu waktu kosmik? Ini adalah waktu yang menggambarkan umur alam semesta ini yang diperkirakan 15 milyar tahun. Sulit membayangkannya bukan? Karena itu para astronom mendefinisikan umur kosmik, yaitu dengan cara mengandaikan umur alam semesta seakan-akan hanya 1 tahun maka setiap detik kosmik adalah 475 tahun penanggalan bumi.

Dari umur kosmik itu kita menjadi tahu bahwa kebudayaan manusia yang tercatat sejarah baru 15 detik terakhir (diperkirakan saat munculnya ‘kota’ pertama jaman Neolitikum). Ibaratnya baru tanggal 31 desember pukul 11:59:35 malam sebelum tahun baru. Dan anda (termasuk juga saya) baru hadir di pukul 23:59:59,9… detik!
Kita hidup ternyata hanya sekejap. Saangat sekejap. Dan dalam waktu yang sangat sekejap itu masih ada saja orang yang rakus memakan dunia….



“Demi masa, sesungguhnya manusia itu merugi. Kecuali mereka yang beriman dan beramal shaleh, dan saling menasehati akan kebenaran, dan saling menasehati akan kesabaran” (QS Al Ashr).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar