Sabtu, 10 Maret 2012

Misteri Umur Manusia

Umur manusia memang penuh misteri. Tapi isi buku ini, bisa dijadikan bahan renungan bagi setiap insan tentang perjalanan umur manusia yang diawali sejak diciptakan oleh Allah SWT dalam sulbi Adam As hingga masa kelahiran, kematian dan kehidupan kembali di alam akhirat.

Umur manusia dibagi dalam lima tahapan (fase). Yang mana dalam setiap fasenya manusia mengalami berbagai macam keadaan yang tidak pernah dialaminya pada fase lainnya.

Fase pertama; misteri penciptaan Adam As dan semua keturunannya. Fase kedua, misteri kelahiran hingga datangnya kematian. Fase ketiga, misteri kematian dan alam barzah. Fase keempat, misteri hari ketika dibangkitkan dari kubur hingga antara masuk surga atau neraka. Dan fase kelima,misteri surga, neraka dan kenikmatan serta berbagai macam kemuliaan yang Allah siapkan untuk para penghuninya.

Semua digambarkan kepada kita tentang berbagai dimensi alam yang pasti akan dilalui oleh setiap insane dalam perjalanan kehidupan, kematian, kebangkitan kelak di alam akhirat yang merupakan terminal terakhir bagi setiap insan yang merupakan ketentuan antara surga dan neraka.


MISTERI SAKARTUL MAUT

Kita semua tahu sakaratul maut adalah sebuah tahapan awal yang pasti dilalui setiap manusia yang akan berpulang ke kampung akhirat. Pada waktu itulah saat-saat paling menakutkan, sehingga para nabi pun merasakan hal yang demikian. Nabi Isa as, berpesan kepada kaumnya agar selalu berdoa untuk memohon diberi keringanan saat menghadapi sakaratul maut.

“Dan akan datang sakaratul maut dengan benar, itulah (kenyataan) yang kamu selalu lari darinya.” (QS. Qaaf:19)

Sayyidatuna Aisyah ra, salah seorang istri Rasullah pernah mengatakan : “Aku tidak lagi menganggap enteng sakaratul maut setelah aku melihat betapa beratnya ketika Rasulullah saw menghadapinya.”

Oleh karena itu hendaknya setiap manusia memperbanyak doa, zikir dan meminta ampun kepada Allah Swt, agar diberi keringanan ketika menghadapi sakaratul maut serta mendapatkan husnul khatimah ketika wafat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar