Senin, 26 Maret 2012

Konsep Hutan TerUnik Bentuk Vertikal


Bosco verticale merupakan konsep hutan di tengah kota yang dirancang oleh arsitek italia bernama Stefano Boeri. Hutan vertikal ini diharapkan mampu menjadi paru paru kota yang dapat menyerap CO2 dan debu serta menghasilkan oksigen untuk kehidupan masyarakat perkotaan.

Bulan oktober tahun kemarin, gizmag memberitakan tentang hutan buatan berbentuk gedung yang menjulang ke atas yaitu Bosco Verticale: the world's first vertical forest. Sempet mau saya tulis, namun baru kali ini terwujud. he he.



Realisasi pertama dari rencana ini akan dilakukan di pusat kota milan, dengan membuat dua menara hutan vertikal yang akan dihuni oleh sekitar 900 pohon dengan tinggi perpohon sekitar 9 meter, jumlah tersebut belum termasuk tumbuhan perdu. Satu menara ini setara dengan 10.000 meter persegi tanah datar. mantap kan?

Selain sebagai paru paru kota, nantinya hutan vertikal ini dapat dijadikan obyek wisata hutan tengah kota. Dari konsep gambar yang ada, pengunjung dapat memasuki gedung ini dan menikmati udara sejuk di dalamnya.



Penampakan bosco verticale jika sudah jadi. Makin menambah hijau kota masa depan. sebuah terobosan brilian menurut saya. :D


Konsep penempatan pohon dan tumbuhan lain yang akan menghuni gedung ini. Terlihat pula pengunjung yang sedang menikmati bosco verticale ini



Gambar yang terakhir ini merupakan konsep irigasi dan sirkulasi Oksigen yang dihasilkan dan karbondioksida yang diserap.


sumber artikel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar