Senin, 16 Januari 2012

Kontroversi Pengemis Asli dan Pengemis Palsu

artikel ini gue boleh copas dari : sini
oke di simak yah...

Terkadang kita kasihan melihat seseorang yg meminta-minta dengan tampang lusuh, kucel, dll. Tapi di balik itu semua, apakah anda tau kalo pengemis itu seharinya bisa mendapatkan uang ratusan ribu dari hasil mengemis. Coba anda kalikan dengan 30. Kira2 dalam 1 bulan bisa dapet berapa duit tuh.

Silahkan simak beberapa info mengenai pengemis yg saya dapatkan dari kaskus

Cerita #1
jadi kronologisnya gini gan, ane mau cek atm di daerah mampang jakarta tempat biasa ane cek. kebetulan lumayan ngantri gan di atm nya. trs disebelah ane ada tukang parkir lagi minum teh gitu sama Ibu-Ibu pengemis yang lagi ngitung tumpukan uang kertas ribuan gitu.

dialog nya :
T.Parkir : dari jam brp bu?
Ibu pengemis : dari jam 7 pagi tadi
T.Parkir : dapet banyak dong klo dari pagi
Ibu pengemis : Sepi pak (jawabnya sembari rada ketus gitu)
T.Parkir : sepinya dapet berapa?
Ibu Pengemis : cuma 180 RIBU, Sepi bgt dah hari ini

asli gan, saya sama yang antri di atm itu pada geleng2 kepala gan, gila aja 180 ribu dibilang sepi. coba bayangin klo dikali 30 berapa klo rata-rata pendapatan dia 150 ribu 4.5 juta lho gan. ane ga bermaksud atau menghimbau agan-agan semua untuk ga beramal, tapi kalau bisa liat-liat dulu kalo mau ngasih uang gan, kayaknya sekarang pengemis udah jadi profesi gan bukan karena keterpaksaan semata!

Cerita #2
wah, kejadiannya hampir sama kyk ane tp beda tempat…
kalau ane kejadiannya di tempat foto copy gan daerah jakarta timur, waktu itu ane mau foto copy buku di tempat langganan ane sekitar jam 14.30, pas ampe di sana ane lihat ada pengemis ibu” tua lagi tukerin uang recehannya dari yang coin ampe uang kertas full di meja tempat foto copynya (dlam hati gw, gile nih pengemis uang nya banyak banget). seteleh pengemis itu tukerin uangnya lalu pulang, ane tanya ama tukang foto copyan nya. kira-kira begini percakapannya :

ane : bang, ibu yg tadi ngapaian bang ?
Tk. Fc : tukerin uang recehan mas..
ane: oooo…td dia tuker berpa duit ?
Tk. FC : sekitar 200ribuan mas ( gila gaji gw sebulan aja kalah ),,..dia tiap hari tukerin uangnya sekitar 200ribuan (sambil mencet kalkulator) jad kalo sebulan bissa dapat 6 juta..gileee benerrr…
ane : wooww…semua pengemis disini dapt segitu juga bang
TK.FC : iya mas , tiap hari ada sekitar 15 pengemis yang nukerin uang nya disini
Pemilik FC : makanya kalau mau kaya jadi kyk pengemis aja..hehehe
Tk. FC : hahahahaha….

gile mengemis di jadikan pekerjaan, pantesan kalau gw kasih Rp.100 atau 200 sering di buang….paaraah dah

Cerita #3
dikantin belakang kantor gue (daerah karet-sudirman) ada pengemis ibu2 yang satu buta n yg satu lagi kagak, tiap istirahat dia selalu ngemis di kantin (luas gan kantinnya), sewaktu ketika, temen gw ada yang kasihan ma dia, kira2 gini dialognya:

temen : ibu rumahnya dimana?
pengemis: jauh..
temen: ibu daripada ngemis gini mending bantu2 dirumah saya, nyuci ato nyetrika
pengemis: ga ah pak, capek…
temen: bengooong…(krn ga bs ngomong lg…

pantesan aja…kalo pembantu paling banter digaji 700 rb, kerja seharian…..jauh bgt ma pendapatan ngemis…

Cerita #4
ni ada pengalaman ane pribadi juga gan!
TKP-nya di seputar tempat makan kakilima di daerah Sabang or seputar Sarinah Jakpus. tempat ini emang sering ane lewatin or kunjungin sepulang gawe..

di hari2 sebelumnya emang ane ga pernah liat tu ibu2!
sampe suatu waktu tu ibu2 ane liat lg nyamperin orang2 yg ada disitu satu2 & akhinya nyamperin ane, alesannya doi kesasar dan pingin pulang krn ga punya ongkos.. awalnya ane percaya aja (krn baru liat), orangnya agak2 dekil n ane pikir kayak orgil gitu.. trus ane kasih 5rb krn kesian jg.. pas ane kasih 5rb, eeeh dianya minta 10rb! dgn alesan rumahnya jauh dan takut ga cukup duitnya! ya udah akhirnya ane tambahin lg!

taunya besok2 ane liat tuh orang nongol lg di daerah situ! tapi waktu itu ane cuma liat dari jauh.. ane cuma bilang sama bokin ane.. “kampret tuh orang..” trus ane ceritain kronologisnya ke bokin ane..

selang bbrp hari kemudian, ternyata ane liat lg tuh ibu2 di Supermarket HERO Sarinah situ! WTF! ane liatin dari jauh.. ternyata doi belanja! sambil jinjing keranjang merah, doi asik milih2 barang belanjaan! yg ane liat di keranjangnya sih makanan2 dan kebutuhan sembako gitu.. dalem hati ane, “ini orang gila apa bukan sih!? kok ngerti belanja di swalayan!? ngakunya nyasar malah betah gak pulang2!?”

dan ternyataaa.. keesokan harinya lagi, pas ane lg makan di Jl. Sabang situ, tuh Ibu2 nyamperin ane! yg pasti doi lupa sama ane.. krn doi pikir ane orang baru n belum tau modus tu ibu. akhirnya setelah si ibu itu selesai ngeluarin jurus melasnya buat minta ongkos ke ane..
ane langsung ngomong agak kenceng ke tuh Ibu.. “hehe.. Ga belanja lagi di HERO bu!?, kemarin saya liat Ibu disitu! emang tiap hari belanja disana ya!? kan hari sebelumnya ibu juga udah pernah minta ongkos ke saya.. katanya mau pulang, kok ga pulang2!? emang di rumah ga ada HERO bu!?” orang2 di sekeliling pada ngeliatin ane, tuh ibu akhirnya ngeloyor belaga bego pergi menjauh..

dan besoknya ane papasan lagi! wkwkwk..
Ane cuma bilang gini ke tuh ibu “apa!? mau minta duit buat tagihan kartu kredit??” tuh Ibu cuma cengengesan sambil nyingkir dari hadapan ane..

Sampe sekarang, ane liat doi masih seliweran di seputar Jl. Sabang or Sarinah situ.. cuma sekarang doi udah hapal sama ane!

Cerita #5
Kan pernah msk tv gan sekitar tahun 2008. penghasilan mrk sebln ada yg mencapai 10-30jt sebulan. Pulangnya ke rmh gede keluar rmh baju bagus namun ke toilet umum ganti baju rusuh jd pengemis. Sehari”nya gt. Emang klu mau sumbang gpp tp lihat dulu apa mrk bnr” miris. Kalau nda biarkan aj mrk kerja lbh rajin deh.

#End

Maka dari itu, ada baiknya jika mulai sekarang kita jangan memberikan uang lagi pada pengemis. Kita harus mendidik mereka agar mereka tidak menjadi semakin malas dan terus mengemis terus terusan.

Apakah anda punya pengalaman menarik dengan pengemis? Ayo silahkan di share ya..

-------------
tp kalo menurut gue, bagaimana kita tau kalo pengemis - peminta-minta, itu asli atau palsu..? yg penting kita memberi, dan ringan tangan, karena kalo kata Bong Chandra (Motivator no.1 Termuda seAsia) "Dengan memberi kita akan semakin kaya" yap, gua sangat stuju kata2 beliau karena giving is rich, memberi adalah membuat kita kaya, jadi memberi lah tanpa syarat.. dan kalo kata pak Ipho Sentosa (pengarang Buku Mega Best Seller - 7 Keajaiban Rezeki) "Sedekah ga musti ikhlas, latihan aja lama-lama juga terbiasa, lalu akan terbiasa ikhlas".
Ga perlu melihat siapa dia, sosok seperti apa.. kalo kita niatnya amal, sedekah, dan demi kebaikan... PASTI TUHAN AKAN MEMBALASNYA DENGAN BERKALI-KALI LIPAT. INGAT, GIVING IS RICH.! "Apa yang anda keluarkan, itulah yang nanti Anda terima bahkan melebihi yang Anda duga"

yap gw sangat kontra mengenai artikel yg di muat di atas, karena sejatinya kalo kita ikhlas.. dan belaajar untuk ikhlas dalam hal memberi.. percayalah, pasti kita akan hidup berkelimpahan. #Sekian.

2 komentar:

  1. wkwkwk. . . Lucu juga gan. Walaupun miris n kashan sma yg ngasih duit. Mau ke hero lagi ya bu hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga lah gan, yg ngasih duit juga toh niatnya amal.. buat investasi pahala dia jg di surga gan..

      Hapus